Timnas Argentina Resmi Pecat Edgardo Bauza

Timnas Argentina Resmi Pecat Edgardo Bauza

Belum genap satu tahun masa kepemimpinannya di Timnas Argentina, Edgardo Bauza harus sudah mengakhiri mimpinya untuk menangani Les albiceleste di ajang Piala Dunia 2018 mendatang setelah AFA mendepaknya dari kursi pelatih.

Sebagaimana diketahui, pelatih berusia 59 itu ditunjuk untuk menggantikan peran Tata Martino untuk menukangi Timnas Argentina pasca kegagalan di ajang Copa America 2016 kemarin. Bauza sendiri langsung terbang ke Barcelona, dengan tugas pertamanya membujuk Kapten Lionel Messi untuk membatalkan masa pensiunnya dari Level Internasional.

Dia memang berhasil pada tugas pertamanya, merayu Messi untuk membatalkan keputusan pensiun sebagaimana bintang Barcelona telah mengumumkan keputusan tersebut tak lama setelah Bauza mengunjunginya ke Catalunya. Akan tetapi, yang menjadi sorotan adalah bagaimana performa Argentina dibawah arahan sang manajer.

Yang paling mengecewakan adalah kiprah Argentina di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol. Argentina beberapa kali telan kekalahan mengejutkan, salah satunya saat menghadapi Brazil dan tentu saja terakhir kala bertandang ke markas Bolivia. Tak heran jika kemudian keputusan tegas diambil oleh pihak Federasi sepakbola Argentina, atau AFA, yang tidak lain untuk mendepak juru taktik berusia 59 tahun itu.

Pengumuman ini dikonfirmasi oleh Presiden AFA secara langsung, Claudio Tapia kepada wartawan.

“Kami telah mencapai kata sepakat, kami sudah memberitahu Bauza bahwa dia telah diberhentikan dari tugasnya di tim Nasional” Demikian kata Presiden AFA kepada wartawan.

Adapun sejauh ini, AFA belum menunjuk sukses untuk Bauza, namun besar kemungkinan pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli akan mereka pilih untuk menangani Les Albiceleste. Sebelumnya, Sampaoli adalah manajer timnas CHile yang mengantarkan Alexis Sanchez Cs menjadi kampiun Copa America di tahun 2015 lalu.